Langsung ke konten utama

Penjabaran OS-OS yang lagi ngetren

Loha, loha! Entah kenapa, eh kayaknya garagara kebanyakan ngaskus saya jadi kebanyakan ngebaca android, android, android, iOS, BB, Symbian, dan pendatang baru yang lagi naek daon, Windows Phone. Sebentar, sebentar, quote from Albert Einstein, "I fear the day that technology will surpass our human interaction. The world will have a generation of idiots." Apa artinya, mbah? Sebenarnya gue mau nyaranin ente buka Google Translate, tapi berhubung gue barusan ngequote itu kata2 dan gue ini bukan orang munafik aka hypocrite, maka saya yang baik ini bakalan nerjemahin. Jadi kira2 kata si Om Einstein itu, beliau takut kalo suatu hari teknologi bakal melampaui interaksi antar manusia kita (langsung maksudnya, vroh!). Dunia ini bakalan memiliki generasi idiot. Wih! Kejem ni Om Einstein. Asal ente tau, kategori idiot itu IQnya 0-29. Kaget? Monggo. Kalo setingkat diatas namanya imbecible. Itu IQnya 30-40. Nah, IQ itu fungsinya banyak:
1. Dites
2. Diukur
3. Buat masuk aksel
4. Disearch di google
5. Dilakuin kayak no. 4
6. Bisa dipikirin lagi sendiri
7. dst.
Ngemeng ngemeng kok kita jadi ngomongin IQ? Fokus, fokus.
Mari kita bahas dari yang paling mainstream:

1. BlackBerry
Kelebihan BB apa? Ya, tergantung, biar hasilnya maksimal, maka janganlah agan membandingkan BB Davis dengan Samsung Galaxy S4. Sama aja nyuruh anak futsal ngelawan Barca. Oke, agaknya ini terlalu lebay. Jadi, kita bandingin BB PORSCHE DESIGN! FYI, ini harganya 20jetian loh. Tapi karena ga adil, saya turunin jadi BB Dakochan, eh, Dakota. Sip.

Jadi, kelebihan BB itu dijabarkan demikian:
-Ada BBM, selaku pelopor instant messaging via Hape, soalnya sebelom itu sih GoogleTalk, Yahoo Messenger udah ada.
-  Lagi mainstream. Orang Indonesia itu tingkat individualitasnya 14/100 loh, sangat rendah! Kita menjunjung tinggi gotong royong, jadi masyarakat suka latah, pake bebe, pake bebe semua.
- BBM itu ga make pulsa (kalo masih pake pulsa sih, BlackBerry, dulu namanya RIM udah dibacok user)
- Harganya terjangkau, eh relatif sih, kalo Davis, Gemini, iya terjangkau, kalo Dakota, apalagi Porsche, terjangkau gundulmu!
- Adanya Push Mail, jadi nerima email itu cuma hitungan detik, Semarpon laen masih ada yang make Pull Mail, jadi, lebih lambet
-Karena Push Mail tadi, BB ini dibuat untuk pebisnis, yang notabene eksklusif. Tapi itu dulu, pas harga bebe masih 4-5jutaan, sekarang udah drop, malah banyak dipake alay. Jadi keinget pas nonton WWZ di bioskop, ada orang sempet2nya selca pas trailer di bioskop, pake flash, PAKE BB PULA, terus dia update status doeloeh. *pokus, pokus...

Kekurangan :
- Batere yang mengenaskan. Sejujurnya, BB Curve gue yang 9330 apa 9930 itu lumayan sih batrenya, tapi batre bb emang ga waras, tanya aja ama usernya.
- Kalah pamor di luar negeri. Bahkan dalam suatu survey, 22% orang malu megang BB.
- Ketinggalan sama Apple dengan Android. Z10 bahkan kata orang dalem BB diakui sebagai produk gagal.
- BBM hilang ekslusivitas gara-gara mau dikeluarin di Andro dan iOS. Mungkin tindaka ini sebagai banting setir gara2 BB sadar mereka ga bisa bisnis Hardware lagi.
- BBnya sendiri enggak eksklusif lagi gara2 dikeluarin versi murahnya, sehingga target pasar dari pebisnis dan eksekutif jadi remaja alay. Pebisnis? Make iOS ama Windows Phone kayaknya.
- Pending mulu. Ngaku aja
- Browsing lama setengah mati. Marahin aja BIS.
- Ga sedikit yang bilang BB tanpa BIS ga lebih dari HP China
- BB mau bangkrut, sampe ngePHK 5000 dari 11000 pekerjanya. Gile lu ndro!
- Paket BB mahal coy! Full Servicenya 100rebu, yang cuma BBM 60rebu perbulan. Pingsanlah anak kos.
- Kagak bisa diexplore kayak Root dengan Jailbreak. Sabar ya mblo.

Kenapa poin itu saya bold? Maksudnya, buat yang mau beli BB, Think Again, kayak iklan operator Tiga.

2. Android
Yaps, saudara, Android, aka Robot Ijo, yang katanya bakal ngeremukin BB nih. Ya, OSnya emang bikin laper semua namanya... Android ini produk Google, jadinya udah dimanja sama google. Backup data? Tinggal masukin email! Android ini cocok buat orang yang suka buka2 daleman... HP. Lu ngeres? Engga kan? Bagus. Bukan, bukan liatin kabel2 itu, tapi semacem programming loh. Soalnya kan si Android ini bisa doprek, nyobain ROM baru terus, bisa buka Flash, kagak terbatas sama HP tertentu, dan laenlaen...

Kelebihan Robot Ijo:
- Bisa dioprek-oprek. Entar kalo elu udah pro dengan Andro, elu bakal ngoprek itu ROM Andro ga sudah sudah.
- Bisa diRoot. Jadi, Root ini semacam hacknya. Kalo buat iOS user sih, jailbreak loohhh. Siapa di sini ga mau gratisan? Bukan cuma gratisan, tapi buat unlock fitur2 laen juga.
- Open Source. Jadi, hape Sony Ericson, Nokia, Samsung, LG, bahkan Polytron bisa jadi Android. Ga berlaku buat Nokia 3310. Maap ya, kek, nek.
-  Lagi ngetren. Kalo BB ngetren di semua kalangan dan lapisan, maka Android ini ngetren di kalangan melek teknologi, programmer, dan kreatif. Percaya aja.
- Appsnya buanyaaakkk. Android ini bisa dibuat jadi HP, gameboy, nintendo. Anda mau maen game? Beli Android.
- Ada Instagram. Ini ga penting kayaknya, go ahead.
- Gampang dapet gretongan. Mahasiswa kostan yang melek internet pasti cinta sama Android.
- Mau internetan kagak mahal kayak BB. Paling 25rebu sebulan. Kuencengg lagi.
- Layar keluaran Samsung Super Amoled Plus coy!

Kekurangan:
- Batere SANGAT mengenaskan. Tapi tenang aja. Sekarang udah mantep batrenya. 24 jam juga tahan...
- Menurut pengalaman beberapa orang, android user disepelekan sama BB user. Cuekin ajalah.
- Tetep aja Internet bayar (maksa banget poin ini). Ya, Symbian kan gratis broh.
- Dulu sih struggle buat ngimbangin Apple, tapi sekarang udah mantep!
- Ga tau lagi, ga make Andro sih.

3. iOs
Barangnya Apple ini memang numero uno kalo soal prestige alias kemewahan. Biasa user Aipong suka muncul di Starbucks terdekat. User iPhone ini, ga kayak user BB yang mungkin bbman di jalan, ya, bangga aja sih bawa-bawa keliling kota. "Liat nih, gue pake Apple product, yo man!". Bangga? Banget lah. Kwukwuk. Apel, apel.

Kelebihan:
- Kalo ente megang, bangga make apel.
- Apps juga seabrek di App Store, sayangnya kagak gampang nyari gretongan.
- Ada Siri. Kalo mau nelpon tinggal "Sereeehh, plis kol mah prennn". Dijamin Siri bakal bilang "Sorry, I'm not sure what you said."
- Bisa multitasking. Gue ga yakin sejak kapan bisa, pokoknya sekarang bisa.
- Menaikkan tingkat kekecean anda sebesar 75% lah kira-kira.
- Bisa dijailbreak. Tenang aja, masih ada gratisan dari Jailbreak ini.
- Terafiliasi dengan twitter. Kalo mau ngetwit mungkin bisa tinggal panggil Siri juga.
- Gadget yang bagus buat narsis-narsisan.
- Ada retina clear display
- Appsnya paling update, tapi entar juga ada di Andro
- Bisa ngeshare segala objek fotografi anda di instagram.
- Gampang ngeblog, ada appnya

Kekurangan :
- Harganya ga nahan
- Kata temen gue kalo udah jailbreak ga bisa diserpis.
- Ga bisa donlot dari 4shared, Mediafire, dan saudara2nya.
- Ga ada Adobe Flash Player.
- Mau ngapa2in harus sync iTunes ke kompi
- Kagak punya BBM *skip
- Susah ngomong sama Siri kalo inggris belepotan, Siri belom ngomong Indo soalnya.

Nah, itu dulu kali ye, mungkin entar gue update. Symbian dengan WP? Gue ga pernah ketemu, apalagi make. Symbian itu yeh, bisa internet gratisan. Ini produk nokia, jadi make Nokia Liquid Crystal Display (kalo gasalah). Tapi Symbian gampang virusan. Yah, maklum gretongan. WP? Belom pernah make, tapi mungkin mirip sama Android. Adios~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESURGO

Salam sejahtera bagi semua pembaca, terutama saudara-saudara akseleran saya, di mana pun berada. Saat ini jam di komputer saya menunjukkan pukul delapan lewat tiga menit, tanggal 4 Juni 2017, sedangkan tulisan pertama yang saya buat di blog ini tertanggal 27 Oktober 2012. Bila dihitung, selisihnya jadi sekitar 4 tahun 7 bulan. Saya menengok ke belakang dan menyadari itu bukan waktu yang sebentar, walaupun sebenarnya masa SD saya lebih lama dari itu, sih. Kalau saya lihat, terakhir saya menulis di sini itu sekitar awal masuk SMA, tahun 2014, sedangkan sekarang sudah 2017. Saya dan teman-teman akseleran sudah lulus SMA. Selama hampir tiga tahun setelahnya saya memasuki fase dorman dan hilang begitu saja hingga blog ini hampir mati (walaupun banyak juga teman-teman iseng saya yang masih membukanya, membacanya hanya sekadar agar ada bahan tertawaan), biarpun saya sendiri tidak berhenti menulis. Menulis lagi di sini, di blog ini, rasanya jari saya kaku. Saya merasa dikekang oleh diri sa

Page 1 of 365

Haaari yang indah~ Halo EGAC, untuk pertama kalinya kita ngeblog di tahun 2013. Peristiwa ini haruslah diingat dan dimasukkan dalam buku sejarah, Pak Hehe baek juga harus mengajarkan peristiwa bersejarah ini. Tahun 2013 ini bakalan jadi tahun fenomenal, puncak dari kebersamaan kita. Nanti Februari kita naik kelas, Oktober sudah siap-siap ngadepin UN, dan pada tahun ini kita bakalan study tour! Yeeey!! Tahun ini kita bakalan bersama-sama selama setahun full, kalo ga ada yang tereliminasi (AMIN!!). Juli 2014 kita udah misah lagi. Sedih ya? Baru 2 tahun kita ketemu. Pas SMA jangan lupain kita yah, apalagi admin-admin terkece yang pernah ada di twitter dan di blog ini :*. Harapan admin di tahun ini, spesial buat EGAC, supaya para ringbi bertobat, kita makin akrab, guru-guru makin baek, tugas berkurang, KKM dikecilin,Ulangan dipermudah, Pak Alit ngajar semester depan, Pak Nyoman ngajar lagi~ Sekian dan saya tidak terima gaji~ Cauu~

Helauuu

SYALALALALA!!! Makasih ya Pak Herwan sama Pak Daniel, bolehin ngoceh pas Ulangan IPS sama agama tadi. Pak Herwan memang guru yang sangat mengerti muridnya :* Sering-sering ngawas yah pak!!